Jumat, 25 November 2011

pink floyd,band brit psychedelic rock.

band ini mulai kebentuk pas seorang cowok dari cambride bernama roger waters dateng ke london buat kuliah arsitektur,disana doi kenalan sama seorang drumer bernama nick mason. dan terus gabung juga sama richard wright(kibord) dab rado"bob"close(gitaris) buat ngebentuk band yang bernama the tea set.
 Namun setelah lead singer band ini yang bernama chris dennis cabut dr band itu, posisi vokalis selanjutnya diisi oleh gitaris blues-flok yang bisa nyanyi bernama syd barret. karna uda ada yang maen gitar akhirnya roger pun pindah posisi sebagai tukang betot(bass)
gara gara da band lain yang mempunyai nama yang sama akhirnya roger cs sepakat buat gantu nama band mereka, nama pink floyd terinspirasi dari nama musisi blues yang bernama pink anderson dan floyd council,dan akhirnya syd barret pun ngusulin gantti nama menjadi pink floyd sound yang sebelum berubah lagi menjadi pink floyd aja.


gk pake lama pink floyd pun akhirnya meraih sukses sebagai band paling popular discene musik psychedelic underground kota london pada tahun '60-an. cirikhas musik pink floyd setelah syd bergabung emang gampang dikenalin bgt dari cirinya yang selalu mengalunkan nuansa musik psychedelic rock dan gaya bermusik yang disebut space rock.

Setelah syd keluar dari band pada tahun 1967, roger pun menjadi kekuatan utama dalam band ini, akhirnya David gilmour pun masuk dan mengisi posisi vokalis dan gitaris. biarpun uda ngetop jadi salah satu band rock keren pabrikan inggris pink floyd gak pernah bener-bener menyentuh popularitas sebagai band rock kelas dunia sampek mereka ngerilis album-album berkonsep kayak the dark side of the moon(1973), wish you were here(1975) dan the wall(1979).

Namun pada tahun 1985, roger ngumumim kalo uda gk betah lg ngeband bareng band yang terkenal kreatif dan panggung megah,kover lagu inovatif dan lau-lagu berlirik filosofi ini.Dibawah komado David gilmour band ini masih ngejalani tur-tur dan rekaman musik mereka sebagai pink floyd. Dan meskipun tanpa roger waters pun ternyata pink floyd masih bisa nerusin kesuksesan mereka sebagai band kelas dunia dengan album mereka A momentary lapse of reason(1984) dan the division bell(1994)

Seiring jaman dan trend yang berubah hingga akhir masa aktifnya,pink floyd belakangan lebih dikenal sebagai band yang lebih asik maen di genre PROGRESIF ROCK. selain uda diakuin sebagai band rock britania yang palin sukses, pink floyd juga berhasil menjual 200 juta keping albumnya di seluruh dunia termasuk 74,5 juta di amrik.

Band ini juga diakuin uda diakuin oleh semua orang sebagai band yang udah ngasih dosis suntikan pengaruh tinggi buat band rock progresif lainnya kayak, genesis, yes, nine inch nails dan drean theater. Dan dimata industri musik dunia pink floyd bakalan selalu dikenang sebagai band yang ngungkapin secara gamblang pertumbuhan dan perkembangan semua band-band psychedelic rock hingga detik ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

I love Pink Floyd very much 😀👍

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons