Minggu, 27 November 2011

genesis,band brit progressive rock

Genesis merupakan salah satu band yang dinobatin sebagai pendahulu dalam proses ngedorong genre musik rock progressive ke arah fenomena global pada tahun 1970an. Denyut jantung band ini dimulai pada tahun1967 ketika musisi plus penulis lagu yang cerdas peter gabriel dan kibordis tony banks bikin band sekolahan di charterhouse school. Band sekolah inilah yang akhirnya menjadi bentukan awal band genesis dengan formasi peter gabriel(vokal), Anthony philips(gitar), tony banks(kibord), mike rutherford(bass) dan christ stewards(drum).


Genesis memulai debut pertamanya dengan album beraliran pop simpel yang berjudul from genesis to relevation yang dirilis pada tahun1969 tepatnya pada bulan mei. Namun baru mulai album kedualah mereka mulai nularin semangat progressive rock yang dimilikinya lewat durasi panjang berstruktur rumit dan instrumentasi yuang kompleks. Peter gabriel merupakan figur paling bertanggung jawab bikin genesis dapetin imej pioner band rock progressive pada saat itu.

Namun sayangnya pada tahun 1971 peter sang vokalis hengkang dari genesis dan posisi vokalis pun digantikan oleh drumer mereka sendiri yang bernama phil collins. wajtu genesis dipegang oleh phil, karakter bermusik genesis menjadi banyak berubah pada tahun 1980an , dan band ini mulai fokus nyiptain lagu-lagu dengan dasar musik pop dan nada-nada yang bisa diterima oleh masyarakat luas lainnya. Perubahan gaya musik ini juga bikin genesis ngehasilin album i duke yang sempet sukses jadi album nomer satu di britania selama 30 minggu dan invisible touch yang sempet jadi nomor satu diamrik sekaligus menjadi album yang paling laku genesis.



Setelah vacum selama lima tahun,genesis pun ngebukti'in bahwa mereka masih eksis dalam dunia permusikan dan ngeluari album yang brjudul we can't dance pada tahun 1991. Namun pada bulan mei tahun 1996 phil collins pun juga ikutan hengkang dari genesis buat lebih serius ngurusin proyek musiknya yang lain.

Dan pada tahun 2007 kemaren, tony banks,phil collins dan mike rutherford sepajat buat ngadain reunian balik dan ngegelar tur ke 20 kota yang ada dieropa maupun diamerika utara. Dengan pencapaian penjualan yang sanpek nembus angka 150juta kopi,uda ngebuat genesis nongkrong bareng 30 artis-artis yang musik lain didunia yang paling laku penjualannya sepanjang masa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons