Rabu, 30 November 2011

Alat musik yang dipakai the beatles.

Sepertinya John Lennon,George Harrison dan Paul McCartney(kecuali Ringgo) mesti banya berterima kasih dengan gitar pabrikan California Amerika Serikat yang bernama Rickenbacker.kenapa?





Karena hampir disepanjang riwayatnya The Beatles, Rickenbackerlah yang selalu jadi senjata andalan mereka bertiga saat recording atau pun saat manggung. Gitar listrik pertama yang diproduksi secara massal di Amerika pada tahun 1932 ini adalah Gitar buatan Rickenbacker Guitar Corporation yang dipimpin oleh Adolph Rickenbacker dan seorang partnernya George Beauchamp.John Lennon pertama kali terlihat memakai gitar Rickenbacker seri 325 pada tahun 1960 yang kemudian diikutin sama George Harrison dengan Rickenbacker seri 425. Ngerasa ngedapetin sound yang diinginkan George pun ketagihan dengan gitar tersebut sampai akhirnya George membeli gitar Rickenbacker lagi dengan seri berbeda yaitu 360/12 FG.Gitar yang mempunyai 12 senar inilah yang kemidian menghasilkan intro dilagu "A HARD DAYS NIGHT" yang sampai sekarang masih jadih omongan para musisi karena suaranya yang megah.Gitar ini masih menemani George dalam beberapa sesi rekaman dan manggung sampai akhirnya gitar ini dicuri setelah penampilan terakhir mereka dihadapan public di CANDLE STICK PARK pada tahun 1966..

Paul McCartney pun juga ikut-ikutan pakai bass Rickenbacker ini pada tahun 1964. Dan dia mengganti bass andalannya hofner menjadi bass Rickenbacker seri 4001SFG. Left Handed Bass(Bass untuk orang kidal).
Pada awal tur musim panas mereka pada tahun 1965 dan era pasca bubarnya The Beatles saat paul bersama band barunya The Wings.Sampai sekarang gitar ini masih jadi andalan bebagai macam gitaris dan bassis dunia mulai dari The Edge dari U2,Brian Jones dari The Rolling Stones,Pete Townshend dari The Who,Jerry McGeorge dari Shadow Of Knight,sampe Zeke dari Zeke And The Popo dan Satrio dari Alexa pun sering kelihatan make gitar ini diatas panggung.....

1 komentar:

Berbagi Informasi Yuk ! mengatakan...

Berkunjung gan ! :D nice share nih ,

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons